Terbang dari Eropa ke Bangkok hanya 3 juta

Eropa..

Destinasi yang tak lepas dari kesan “You need much money here“. Dan bisa saja kita menyebut “Hanya orang kaya yang bisa ke Eropa”. Faktanya terbang ke Eropa memang butuh banyak uang. Setidaknya 15 juta rupiah untuk jangka waktu 3 hari perjalanan, dan itu belum terhitung dengan akomodasi dan Local Transportation yang luar biasa mahalnya lho. Sekalipun kamu menggunakan jasa Uber dengan kupon promo gila-gilaan, tetap aja bagi kita warga indonesia Eropa itu butuh banyak Uang.

Belum lagi urusan Visa, hedeuh..ribet ya. Sekedar Info Schegen Visa harganya 1 jutaan dan mensyaratkan saldo rekening Bank sejumlah 10 juta untuk perjalanan 2 hari. Jelas sekali kan? ini destinasi orang berduit.

By the way, sebenarnya banyak Pelancong backpacker yang hanya menghabiskan sedikit uang untuk ke Eropa. Walaupun tetap aja habisnya diatas 6 juta rupiah. Tapi setidaknya ada fitur lebih yang didapat yaitu jumlah hari mutar-mutar eropa yang lebih lama.

Ada beberapa trik untuk jalan-jalan ke Eropa dengan paket super hemat selain Puasa dan jadi Gelandangan (maksudnya, tanpa akomodasi berupa hotel atau kamar). Salah satu triknya adalah mencari tiket pesawat termurah dari Indonesia dan ke Indonesia.

Kali ini kita akan bicara lebih khusus tentang tiket pulangnya. Asal tahu saja, beli tiket pesawat tu gak mesti round-trip atau sekali beli sudah ada tiket pulang dengan pesawat yang sama. Pergi dengan Bandara Transit tertentu atau dengan beberapa maskapai bisa menghemat cost perjalanan.

Ada beberapa pesawat yang memberikan promo price untuk terbang ke eropa ke wilayah ASEAN. Tapi yang namanya promo, gak jelas kapan terbitnya dan sulit dipastikan kapan tenggelamnya. Promo termurah biasa diberikan oleh Qatar Airways dan Norwegian Air. Qatar Airways memberikan harga murah jika terbang dari Barcelona menuju Doha lalu ke Cengkareng. Kalo Promonya ketangkep, biasanya ticket fare-nya kisaran 3 jutaan sampai 5 jutaan.

Qatar Airways sendiri punya kelebihan yaitu pesawat Full Service dan Premium. Pelayanan kelas hotel selama 15 jam di udara tentunya bisa jadi pertimbangan. Apalagi selama di Eropa kita kudu puasa atau makan roti tawar selama seminggu, eh di dalam perjalanan pulang, disuguhi makanan restoran. SO pasti recommended banget ni pesawat.

Pembelian tiket Promo Qatar Airways hanya tersedia di Situs Qatar Airways atau dengan Travel Agent Online yang cukup terkenal seperti wego dan skyscanner (sorry,,ini bukan tempatnya trave**ka dkk).

Gimana cara nyarinya?

Seperti kita bicarakan sebelumnya, Promo itu kagak jelas kapan munculnya. Cara terbaik adalah dengan rajin-rajin buka tu situs atau subscribe dan kamu akan diinfokan promo-promo yang tersedia. Ada juga sih cara lain, salah satunya tanya-tanya ke teman-teman yang sudah pernah terbang dengan Qatar Airways.

Alternatif dari Airlines Negara Minyak tadi adalah Norwegian air. Maskapai Negara Dingin ini biasanya ngasi harga agak tidak masuk akal soal terbang dari Eropa. Kalau kamu cek di Skyscanner dan wego flight dari Arlanda, Stockholm ke Bangkok Shuvarnabhumi, kamu bisa ketemu tiket yang harganya 2 jutaan. Dan, flightnya direct alias kagak ada yang namanya turun pesawat trus nongkrong di Bandara selama berjam-jam. Cocok untuk kamu yang rindu kampungnya udah kebangetan, dan ogah nunggu-nunggu pesawat selanjutnya.

Kalau bicara kualitas, Norwegian air udah sekelas Garuda Indonesia domestik. Terbang dengan Pesawat Long-haul biasa kayak Boeing 777 atau Airbus A330-200. Beda dengan Qatar Airways yang beroperasi dengan Airbus A380. Tiket murah ini cuma bisa di dapatkan dengan Opsi Oslo – Bangkok atau Stockholm – Bangkok. Kalau ke Jakarta langsung harganya lebih mahal dari Air France.

Ya, dua trik tadi adalah bagian dari trik jalan-jalan murah ke Eropa, sebenarnya trik lain udah dibocorin dalam tulisan ini hanya saja belum diulas.

Satu hal lagi, ke Eropa kudu siapin uang banyak. Dan berhati-hati dengan penipuan agen travel abal-abal.

Sekian, Salam Traveler

 

Note : Kalau mau nyari info tiket, kolom pencari Wego di halaman muka safarguide bisa digunakan, pembelian bisa menggunakan ATM Bank di Indonesia.

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*