Cara membaca Boarding Pass

Boarding Pass adalah sebuah lembaran keterangan bahwa penumpang telah diizinkan untuk Boarding atau masuk ke dalam pesawat. Lembaran Boarding Pass biasanya hanya satu lembar berukuran, bahkan ada yang berbentuk seperti tiket kecil sesuai dengan kebijakan maskapai yang menerbitkan Boarding Pass. Pada beberapa post sebelumnya kami sudah menjelaskan secara simple tentang Boarding Pass. Pada tulisan ini kami akan menjelaskan secara detil dan memberikan makna keterangan yang tertulis di Boarding Pass.

Boarding Pass dikeluarkan setelah proses check-in selesai. Baik itu secara Web Check-in atau Check-in di Bandara. Boarding Pass sendiri bisa berbentuk E-Boarding Pass atau Printed Out Boarding Pass. Keduanya berfungsi sama, kamu bisa memiliki keduanya atau hanya salah satu dari keduanya.

Terdapat beberapa keterangan yang tertera di Boarding Pass. Umumnya semua maskapai mengeluarkan Boarding Pass dengan keterangan-keterangan yang sama, hanya tata letak dan ukuran saja yang membedakan.
Keterangan tersebut adalah :

Boarding Pass diatas dikeluarkan oleh Garuda Indonesia. Semua airline mencantumkan hal yang sama di boarding pass mereka. So..keterangan di Boarding Pass ini sama dengan Boarding Pass yang dikeluarkan oleh Airlines lainnya.

Nama Penumpang

Di Boarding pass, nama penumpang yang berangkat pasti tercantum. Susunannya akan dimulai dari Surname atau Last Name. Sebagai contoh, Ibnu Hisham Az-Zuhri. Di boarding pass akan tercantum Mr. Az-Zuhri/ Ibn Hisham. Sebagai pembuktian bahwa yang berangkat adalah Ibn Hisham Az-Zuhri, sebelum masuk pesawat penumpang diminta menunjukkan kartu Identitas baik berupa KTP atau Pasport.

Kode Bandara

Tiga huruf kapital yang berada di dekat gambar kecil pesawat menunjukkan Bandara asal penerbangan dan bandara tujuannya. Informasi tentang Kode bandara ini biasa diperjelas dengan keterangan tepat dibawah kode atau dengan mengecek langsung di IATA. Disini juga dijelaskan Terminal keberangkatan dan ketibaan jika Bandara itu punya banyak terminal.

Flight Number

Pada Boarding di atas, tercantum tulisan ‘GA 141’ yang merupakan nomor flight pesawat Garuda Indonesia. sebelum memasuki gate atau pesawat, kamu perlu mengecek nomor ini agar tidak salah masuk pesawat. Walaupun kejadian seperti ini sangat jarang terjadi dan pasti akan diantisipasi oleh petugas darat.

Departure

Departure artinya Berangkat, Jam yang tercantum di bawah tulisan Departure adalah jam berangkatnya pesawat bukan jam untuk masuk pesawat. Pastikan kamu tidak terlambat dan dipanggil-panggil oleh petugas airport.

Gate

Gate adalah kode pintu dimana kamu akan masuk pesawat, biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Seperti Gate F7, G4. Di Bandara besar seperti Soekarno-Hatta atau KLIA kamu perlu memperhatikan kode Pintu ini agar tidak salah jalan. Beda huruf, beda jalan menuju pintu itu. Belum lagi jarak antara pintu perlu waktu sekitar 5 menit berlari.

Seat

Salah satu hal yang paling sering ditanyakan penumpang, sekalipun dia frequent flyer adalah posisi duduk. ‘Seat’ yang tercantum di boarding pass adalah kode yang menunjukkan posisi kamu duduk. Huruf menunjukkan posisi secara horizontal dan angka menunjukkan baris ke berapa kamu duduk. Setiap jenis pesawat berbeda-beda kodenya. Lebih jelasnya kamu bisa cek di seatguru.com

Boarding Time

Boarding Time adalah waktu mulainya masuk kedalam pesawat. Jika pesawat sudah tiba di Bandara, kamu tidak bisa langsung masuk ke dalamnya sebelum jam boarding ini dimulai. Sekali lagi, usahakan jangan sampai kamu terlambat masuk dan menyebabkan pesawat terlambat berangkat.

Barcode/QR Code

kumpulan garis-garis tidak jelas ini fungsinya adalah scanning pic untuk menandakan kamu sudah masuk pesawat atau sudah boarding. Petugas Boarding akan melakukan scanning pada mesin khusus bersamaan dengan pengecekkan identitas.

Informasi tambahan lainnya berada tepat dibawah Info Box di Boarding Pass, seperti kelas Penerbangan, info keamanan, dan lain-lain.

Untuk lebih mudahnya dalam mengetahui istilah-istilah ini, save saja gambar yang ada didalam postingan ini. Gratis tanpa ada hak cipta.

Danke, Have a nice trip

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*