Doa yang dibaca saat akan Travel

Safar adalah pekerjaan mulia, Nabi Muhammad SAW meninggalkan banyak sunnah terkait safar.

Travel atau safar bisa bernilai ibadah jika niat diawal perjalanan adalah untuk niatun hasanah(maksud yang baik). Seperti, menyambung silaturahmi dengan penduduk daerah lainnya. Atau mencari kebaikan-kebaikan yang Allah seperti menuntut Ilmu, mencari Rezeki, dan memperhatikan kekuasaan Allah di Muka Bumi.

Setiap Amal Mulia pasti ada sunnah yang Rasulullah SAW tinggalkan untuk umat muslim. Sunnah yang akan menuntun pelakunya ke jalan keselamatan dan keberkahan. Khusus untuk Travel, sunnah Rasulullah terkait ini sangatlah banyak. Jika membuka salah satu kitab Hadits terkait Adab yaitu Riyadhussalihin karya Imam An-Nawawi Radhiyallhu ‘anhu, akan kita temukan Bab khusus yang membahas tentang Safar.

Diantara Sunnah mulia yang Rasulullah tinggalkan dalam persoalan Safar atau Travel, yaitu membaca Do’a ketika akan melakukan Travel dan Do’a sebelum menaiki kendaraan yang akan mengantarkan Traveler ke tujuannya. Dan, ada satu hadits yang menyebutkan bahwa seseorang yang berada dalam perjalanan, Do’anya tidak akan terhijab dan maqbul.

Sebagai Info tambahan. Biasanya, beberapa maskapai penerbangan di Indonesia dan Malaysia menyediakan kertas panduan khusus yang berisikan doa safar. Dalam kertas itu sudah tercantum Do’a berpergian lintas agama. Diantara maskapai yang menyediakannya adalah Lion Air dan Air Asia. Kertas ini tersedia di kantong di depan seat duduk.

Doa sebelum Safar

Sebelum melakukan Safar atau Travel. Umat Muslim disunnahkan untuk melakukan Shalat Safar dan Membaca Do’a Safar.  Berikut adalah teks Do’a Safar berserta Artinya :

 اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعَثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالأَهْلِ، وَإِذَا رَجَعَ قَالَهُنَّ وَزَادَ آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ

Ya Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang meridhakan-Mu. Ya Allah! Permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah! Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga (ku). Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga.” Apabila kembali, do’a di atas dibaca, dan ditambah: “Kami kembali dengan bertaubat, tetap beribadah dan selalu memuji kepada Tuhan kami. (Riwayat Muslim)

Do’a menaiki transportasi Darat

سُبْحَانَ الذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedang sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat). (Riwayat Muslim)

Doa ini dibaca ketika akan menaiki kendaraan darat seperti kereta, Bus, Mobil, Sepeda Motor atau kendaraan lainnya. Bahkan doa ini harusnya dibaca setiap kali akan berkendara baik dekat maupun jauh.

Do’a menaiki transportasi Laut dan Udara

بِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.(Surat Hud ayat 41)

Doa ini dibaca oleh Nabi Nuh as ketika akan menaiki Kapal yang menyelamatkan Manusia dari azab berupa luapan air yang menenggelamkan Gunung. Doa ini juga dibaca disaat akan menaiki Kapal ataupun Pesawat terbang.

Kedua do’a ini perlu dibaca karena salah satu sebab keselamatan perjalanan adalah Pertolongan Allah Swt. Sebagai Traveler Muslim, wajib hukumnya berdo’a sebelum perjalanan dan melakukan sunnah lainnya terkait Travel.

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*