Cara hemat konsumsi saat Travel

Trip tanpa makan dan minum adalah trip konyol. Perjalanan adalah pekerjaan yang membutuhkan energi banyak, sementara energy tubuh berasal dari makanan dan minuman. Tanpa keduanya, Trip akan menjadi sebuah pekerjaan bunuh diri dan sia-sia.

Bahkan Islam memberikan kelowongan bagi Musafir untuk tidak berpuasa. Keringanan yang bukan tanpa alasan diberikan oleh Islam. Oleh karena itu penting bagi setiap Musafir mengatur persediaan konsumsi perjalanannya, baik persiapan pre-departure(sebelum berangkat) atau post-departure(setelah tiba di tujuan)

Konsumsi sendiri merupakan salah satu penyebab utama membengkaknya biaya Travel. Jika kamu memeriksa detil setiap paket trip yang disediakan travel agent, kamu akan menemukan biaya terbesar yang dikeluarkan setiap turis ada pada biaya konsumsi, bahkan terkadang mengalahkan biaya transportasi dan penginapan.

Trip hemat tentunya bukan menjadi alasan kamu tidak makan dan minum saat perjalanan, ini adalah anggapan yang salah. Kamu hanya perlu mengatur sebaik mungkin konsumsimu. Mempersiapkan list keperluan dan mengikuti trik-trik penghematan.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan perjalanan dengan biaya konsumsi hemat, tanpa harus membuat Musafir kelaparan atau kehausan. Namun sebelumnya, hanya trip own plan yang bisa menerapakan langkah-langkah berikut. Sementara Package Trip langkah ini memang akan sedikit membantu dalam berhemat. Dalam Package Trip, dana konsumsi kamu sudah terplot dengan baik oleh Travel Agent.

  1. Buatlah Spending List Konsumsi

Spending list adalah daftar kebutuhan konsumsi kamu, disertai oleh total cost yang akan dikeluarkan. Spending list harus dibuat sedetail mungkin, Jika kamu trip selama 3 hari, maka list tersebut memberikan detail setiap harinya. Harga yang tercantum boleh saja berupa taksiran. Untuk mendapatkan harga pasti makanan disuatu tempat, kamu bisa memanfaatkan informasi google atau ulasan-ulasan dari blogger.

Berikut contoh Spending list versi saya sendiri :

list-spending

  1. Membaca Review suatu tempat

Sejak era internet, mendapatkan informasi dari suatu daerah menjadi sangat mudah. Kamu Cuma perlu searching dan surfing internet, baik halaman berbahasa Indonesia ataupun berbahasa Inggris. Review para blogger yang telah berkunjung sangat baik untuk dibaca, disamping juga ada review yang dilakukan oleh Tim TripAdvisor ataupun review dari Google Now.

Jangan segan bertanya pada mereka yang telah berkunjung tentang Makanan dan minuman disana. Buatlah akun di forum travel seperti kaskus, detiktravel, TripAdvisor. Tanpa akun disitus itu, kamu tidak bisa berkomentar yang artinya menutup peluang bertanya dan diskusi.

  1. Menghindari Restoran atau Kedai makan premium

Restoran jelas bukan solusi tempat pembelian makanan jika mau berhemat. Kamu hanya akan menghamburkan uang jika kesana. Belilah makanan dari Kedai yang menjamin makanan berkualitas dan murah. Khusus bagi Travel ke daerah minim makanan halal, kamu boleh saja membeli di kedai premium, akan tetapi tetap menjaga pengeluaran dengan baik.

  1. Memasak sendiri

Masak dalam perjalanan?

Kenapa tidak, hal ini akan membantu kamu berhemat. Jelas sekali bahwa harga bahan baku lebih murah dari makanan siap saji. Soal tempat memasak, kamu tidak perlu panic dan khawatir. Banyak Penginapan yang menyediakan kompor listrik dan microwave untuk memasak. Penginapan kategori flat dan apartemen murah menyediakannya, dan pastinya aman. Jika kamu tidak bisa memasak, abaikan saja saran ini.

Bahan baku makanan sendiri bisa didapatkan di swalayan atau minimarket di tempat tujuan. Kalaupun kamu berada di daerah yang jauh dari perkotaan, kamu bisa pergi ke pasar tradisional atau membeli pada penduduk setempat.

  1. Share Cost

Saya pernah mengatakan bahwa partner travel akan memberikan banyak benefit, salah satunya dalam menghemat konsumsi. Share Cost atau berbagi pengeluaran adalah salah satu cara menghindari Trip boros. Share cost artinya menggabungkan anggaran belanja dari masing-masing Traveler.

Cara ini akan membantu kamu untuk praktis dan hemat dalam belanja konsumsi. Setiap orang akan menyetorkan sejumlah uang ke satu orang dengan jumlah yang sama, orang tersebut bertanggung jawab atas tersedianya makanan dan minuman. Cara ini mirip dengan Paket tour hanya saja disini kamu bisa mengatur sendiri secara baik, tentunya sesuai kesepakatan antar anggota.

  1. Hindari Cemilan

Perlu diketahui, Cemilan dalam trip adalah pembocor dompet tersembunyi yang berbahaya. Kamu hanya diwajibkan memenuhi konsumsi pokok, sehari minimal 3 kali dan itu sudah cukup. Untuk minuman, sediakan saja air dalam botol besar. Cemilan bisa saja menghabiskan dana dua kali dari dana konsumsi pokok (berdasarkan pengalaman penulis). Jika kamu sulit hidup tanpa cemilan, buatlah cemilan sendiri atau bawa cemilan dari kampung halaman.

Ikuti juga salah satu sunnah Rasulullah yaitu sedikit makan. Atau makan disaat lapar, berhenti sebelum kenyang

  1. Mencari free food

Makanan gratis adalah solusi terakhir dalam rangka berhemat saat trip. Para backpacker pasti tau cara mendapatkan makanan gratis tanpa harus jadi pengemis. Senjata pamungkas ini perlu kamu lakukan saat kondisi terdesak seperti, dana yang tersedia hanya cukup untuk transportasi. Saya akan membahas secara khusus kiat mendapatkan makanan gratis saat Travel pada tulisan lain.

Travel yang menghabiskan sedikit dana adalah Travel yang paling efektif dan paling baik di seluruh dunia. Kamu bisa mencari cara lain untuk berhemat melalui Youtube atau Forum Backpacker. By the ways, Tetaplah mejaga trip kamu dalam batasan Trip Halal dan berkah.

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*