Arti Istilah-istilah yang ada di Airport

Airport atau bandara adalah pusat aktifitas penerbangan. Pesawat terbang dari bandara ke bandara. mendarat, menaikkan penumpang, lepas landas, perbaikan, pengisian bahan bakar semua dilakukan di Airport. Pesawat tidak bisa mendarat di jalanan umum dan tidak bisa parkir layaknya mobil. Pesawat butuh landasan khusus dan lapangan parkir yang khusus pula. Bandara adalah tempat berlabuhnya setiap armada udara.

Traveler penerbangan akan memulai trip langitnya dari bandara. Melakukan konfirmasi penerbangan, menunggu untuk masuk pesawat, lalu berangkat. Airport adalah tempat yang memiliki aturan-aturan khusus. Aturan ini nantinya akan memunculkan istilah-istilah yang unik. Terkadang istilah itu membuat penumpang bingung.

Pada tulisan ini, kita akan mempelajari makna dari istilah yang biasa kita temukan di bandara, secara tulisan ataupun melalui pendengaran. Berikut istilah-istilah umum itu :

Check-in

Check-in adalah konfirmasi akan melakukan penerbangan dan konfirmasi bawaan saat berangkat. check-in dilakukan di loket yang telah disediakan sesuai dengan maskapai yang kamu tumpangi, jika terbang dengan Garuda Indonesia, maka loket check-in yang kamu datangi adalah milik Garuda Indonesia.

Saat check-in kamu akan diminta :

  • Tiket atau Book Reference
  • Kartu identitas (KTP atau Passport)
  • Barang bawaan yang akan masuk bagasi

Setelah selesai kamu akan di berikan boarding pass dan langsung menuju ruang tunggu.

Kelebihan bagasi akan membuat kamu dikenakan charge atau harus membeli bagasi tambahan, maka cerdaslah dalam membawa bawaan.

Boarding

Boarding adalah masuknya penumpang kedalam badan pesawat. Untuk melakukan boarding kamu akan diminta menunjukkan boarding pass dan kartu pengenal. Waktu boarding biasanya dimulai 20 menit sebelum lepas landas. Pastikan jangan terlambat karena pesawat tidak menunggu kamu.

Boarding Pass

Untuk melakukan Boarding kamu akan diminta menunjukkan Boarding pass. Boarding pass adalah selembar kertas yang akan menunjukkan posisi duduk dan nomor penerbangan kamu agar kamu tidak salah naik pesawat. Dalam boarding pass juga tertera gate yang menjadi pintu menuju pesawat.

Baggage

Baggage adalah istilah untuk barang bawaan kamu yang masuk kedalam Bagasi Pesawat. Barang bawaan kamu yang masuk Baggage akan diambil petugas saat check-in, kemudian masuk ke pesawat bersamaan dengan waktu boarding.

Baggage claim

Istilah khusus untuk pengambilan bagasi setelah tiba di Bandara tujuan.

Hand carry

Jika kamu tidak membawa bawaan besar, dengan syarat dibawah 7 kg, kamu bisa memasukkan ke kabin pesawat. Bawaan kamu ini di sebut hand carry.

Attendant

Jika suatu saat kamu mendengar kata ini disebutkan oleh operator pengumuman Airport, maka yang dimaksud adalah kamu dan penumpang lainnya.

Scheduled

Kata ini biasanya tertera di Flight schedule board. Maksud dari kata ini adalah penerbangan ini telah terjadwal.

Canceled

Kata ini adalah kebalikan dari Scheduled. Penerbangan yang diberikan kode ini telah dibatalkan. Kamu bisa menjumpai customer service maskapai untuk kejelasan sebab, jangan bertanya pada penumpang lainnya.

Delayed

Penerbangan delayed adalah penerbangan yang tidak akan berangkat sesuai waktu yang tertera di boarding pass atau schedule board. Bisa saja dikarenakan armada belum tiba di bandara, atau cabin crew belum bersiap, atau karena armada sedang mengalami perbaikan. Terkadang juga disebabkab oleh bagasi yang terlambat masuk ke pesawat.

Namun satu hal yang pasti, pesawat tidak akan delayed karena salah satu penumpang belum sampai.

Landed

Sebuah istilah yang menandakan pesawat telah tiba di Airport.

Lounge atau waiting room

Ruang tunggu penumpang yang telah memiliki boarding pass

Airport tax

Airport tax adalah pajak bandara, sebelum memasuki waiting room, kamu akan diminta membayar pajak bandara. Besar pajak sesuai kemewahan bandara. Tapi kamu tidak perlu panik, karena Indonesia sudah “membebaskan” pajak bandara. Walaupun sebenarnya, pajak bandara itu sudah inklud kedalam harga tiket sehingga terkesan dibebaskan.

Gate

Pintu masuk menuju pesawat atau pintu keluar dari terminal menuju pesawat. Gate biasanya diberikan tanda berupa huruf dan angka. Sebagai contoh : di Boarding pass kamu tertera Gate 17B, artinya kamu harus menuju lounge yang ada gate 17B.

Terminal

Terminal dalam airport bermakna sebuah bangunan besar yang menghubungkan kamu dengan pesawat. Di beberapa Bandara besar, terdapat banyak terminal. Setiap terminal akan menghubungkan kamu dengan pesawat tertentu.

Sebagai contoh Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng memiliki 3 terminal. Jika kamu adalah penumpang Garuda Indonesia maka kamu akan masuk pesawat dari terminal 2, jika kamu penumpang Air Asia kamu akan masuk melalui Terminal 3. Bandara besar juga menghubungkan satu terminal dan lainnya dengan Skybridge, underground tunnel(terowongan), dan Shuttle Bus

Shuttle bus

Salah satu penghubung antar terminal dalam bentuk Bus. Biasanya Gratis, Biasanya…

Customs atau lebih dikenal sebagai BeaCukai

Petugas pengawas dan pengurus segala sesuatu yang masuk dari luar negeri dan yang akan keluar negeri.

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*