10 Tips menemukan tiket pesawat murah

Tiket pesawat mahal? Tentu saja mahal. Karena pengoperasian yang banyak menghabiskan dana dan harga armada yang sangat mahal. Satu buah pesawat biasanya dihargai 2 juta Dollar atau sekitar 30 miliar rupiah. Harga yang mahal bukan?

Disamping itu pelayanan kelas atas merupakan hal yang membuat harga tiket pesawat sedikit melambung. Full Service flight harga tiketnya memang mahal, tapi fasilitas yang diberikan sangat sesuai dengan harganya. Waktu tempuh singkat juga menjadi penyebab harga tiket penerbangan lebih mahal daripada jalur darat. Saya pernah membahasnya di post Flight Trip

Tapi, tiket pesawat tidak selalu mahal. Sejak Low Cost Carrier lahir, Tiket penerbangan bisa semurah tiket kereta api ataupun bus. Bahkan dulu, di tahun 2009 saya pernah menjumpai promo salah satu LCC yang menjual tiket semurah harga biaya makan 2 hari. Hanya Rp. 60.000 bisa terbang dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur. Walaupun banyak syaratnya, tapi harga tersebut sangat tidak masuk akal.
Butuh trik khusus agar kamu menemukan tiket murah seperti kasus diatas. Hanya saja, setiap maskapai punya kebijakan masing-masing dalam marketingnya. Sehingga trik yang berlaku pada maskapai A belum tentu bisa digunakan saat memesan tiket dari maskapai B. Namun, saya akan memberikan keterangan khusus tentang trik ini, di Airlines apa saja trik ini berlaku. Saya akan jelaskan per pointnya.

Trik 1 : Book 6-8 minggu sebelum terbang

Trik pertama ini adalah trik yang paling umum dan berlaku hampir pada seluruh maskapai penerbangan di dunia. Waktu 6-8 minggu sebelum berangkat adalah salah satu waktu penjualan tiket promo. Saya tidak mengetahui alasan pasti mengapa harus 6-8 minggu sebelum flight. Akan tetapi prinsip “pembeli pertama dapat harga diskon” berlaku pada hal ini.

Lalu bagaimana jika membooking 9 minggu sebelum berangkat?

Umumnya harganya akan lebih mahal. Atau harga promonya tidak semurah pada interval 6 minggu sebelum berangkat

Mengapa?

Simple saja, masa tepat untuk marketing belum tepat. Jadi pesawat tetap menjual dengan harga mahal. Lagipun, membeli tiket yang terlalu jauh masa berangkatnya sangat beresiko bagi penumpang.

Available airlines in this way : All airlines in Indonesia or International

Trik 2 : Book pada pukul 02.00 am – 10.00 am

Pukul 2 pagi adalah waktu mulainya penjualan tiket promo dalam satu hari. Atau, waktu mulainya penjualan harga tiket termurah dalam sehari. Perlu diketahui harga tiket berubah sampai 4 kali dalam sehari dan harga termurah dijual mulai pukul 02.00 am.

Pukul 2 pagi? Mana ada agen yang buka pukul dua pagi.

Travel agent tetap ada yang buka pada pukul dua pagi tapi yang bekerja adalah mesin. Traveloka dan Nusatrip diantaranya. Kamu bisa membeli tiket melalui apps mereka.

Booking lewat situs airlines juga bisa kamu lakukan jika ingin membeli tiket sepagi itu. Maka dari itu kamu perlu memiliki mobile banking, karena pergi ke atm pada pukul dua pagi sangat tidak menyenangkan.

Available airlines in this way : LionAir, BatikAir, Garuda Indonesia, Citilink

Trik 3 : Pelajari Tren Promo

Saya telah sebutkan sebelumnya, setiap maskapai memiliki kebijakan sendiri terkait persoalan promo fare. Promo Lion Air berbeda dengan promo air asia. Air asia punya tren promo yang sulit ditebak, walaupun biasanya jarak 6 minggu dari keberangkatan adalah waktu dimana promo bertebaran, tapi AirAsia terkadang tidak menebar tiket promo. Dan Air Asia sendiri pernah memberi promo fares pada periode satu minggu sebelum berangkat. Sebaliknya, promo form Lion Air akan lebih mudah ditebak. Bisa saya pastikan promo Lion Air itu ada di 6-8 minggu sebelum berangkat, 2 minggu sebelum berangkat, 4 hari sebelum berangkat.

Salah satu cara mengenali tren promo maskapai adalah berlangganan e-mail. Kunjungi situs maskapai dan centang pada update e-mail, lalu berikan e-mail kamu. Maskapai akan mengirim update promo dan bukan tidak mungkin akan memberimu promo coupun.

Penyedia Promo Coupon : AirAsia, Cebu Pacific Airline, Tiger Air, Jetstar, Citilink

Trik 4 : Beli melalui Skyscanner

Skyscanner?

Jika kata ini asing ditelinga mu, ini adalah tanda kamu belum pernah mendapat tiket yang sangat murah.

Skyscanner adalah situs networking travel agent internasional yang pada dasarnya mereka hanya menjual tiket yang dijual oleh travel agent lainnya. Artinya, membeli disini sama saja dengan membeli di Nusatrip, traveloka, atau tiket.com.

Lalu mengapa Skyscanner menjadi salah satu trik mendapatkan tiket murah

Skyscanner adalah jaringan, saat melakukan search flight, Skyscanner akan memberikan harga dari berbagai travel agent besar dan harga dari maskapai sendiri, lalu mengurutkannya ke harga termurah. Skyscanner juga akan memberikan saran rute termurah dan waktu terbang termurah jika kamu ingin.

Skyscanner  dan fitur-fiturnya sendiri akan saya bahas secara khusus nantinya.

Trik 5 : Pesan penerbangan di situs maskapai bersangkutan

Kamu boleh bertanya pada seluruh travel agent di dunia ini

“apakah memesan tiket melalui website maskapai lebih murah?”.

Jika mereka jujur dan transparan, mereka akan menjawab iya. Kalau jawabannya tidak, itu artinya travel agent tersebut adalah agen pemula atau tidak paham dunia penerbangan. Apalagi, akhir-akhir ini menjual tiket pesawat seperti menjual pulsa, siapapun bisa melakukannya.

Trik 6 : Manfaatkan Rute penerbangan dan Maskapai yang berbeda

Rute penerbangan berpengaruh terhadap harga tiket. Penerbangan menuju bandara sekunder dalam kota yang sama cenderung lebib murah. Jika kamu hendak menuju Kuala Lumpur, penerbangan ke SZB(bandara kedua di kota KL) lebih murah daripada ke KLIA1.

Contoh lain dari memanfaatkan rute terbang : Kuala Lumpur – Istanbul dengan rute KUL – DXB – IST berharga 4 jutaan. Jika mengambil rute lain KUL – COK – KWT – IST berharga 3,5 juta.

Kombinasi maskapai juga membantu menurunkan fare tiket. Terbang dari Kuala lumpur ke Kochi(COK) dengan Air Asia, dari Kochi ke Kuwait(KWT) dengan Srilanka Air, dan dari Kuwait ke Istanbul dengan Kuwait Air. Rute ini jelas lebih murah, hanya saja, kamu akan berhadapan dengan banyak boarding pass.

Tips : Konsultasikan Rute perjalanan dengan Travel Agent

Trik 7 : Low Cost Airlines jika book jauh hari, Full Service jika menjelang keberangkatan

Pada Trik 3 saya telah jelaskan bahwa Tren Promo itu berbeda-beda pada setiap airline. Namun, ada satu Prinsip dasar dalam tren promo. Yaitu Low Cost Airlines memberikan promo jauh sebelum hari keberangkatan, Jika sudah mendekati hari keberangkatan harga tiket LCC akan semahal Full Service. Secara tidak langsung, dalam kondisi ini, Full Service Flight menjadi murah. Tidak perlu ragu lagi, beli saja tiket Full Service Flight seperti Garuda Indonesia.

Sedikit berbagi pengalaman, dahulu saat saya pertama kali ke Jakarta saya menumpangi Garuda Indonesia dari Banda Aceh. Harga tiket saat itu adalah 1.300.000 rupiah, sementara Lion Air yang notabenenya merupakan maskapai murah memberikan harga 1.250.000 rupiah. Tentu saja, naik Garuda adalah pilihan cerdas saat itu.

Trik 8 : Transit Flight instead Direct Flight

Penerbangan Transit biasanya (biasanya-red) lebih murah daripada penerbangan langsung. Kamu bisa melakukan pelesiran harga tiket, saya yakin penerbangan transit akan muncul di ranking pertama harga termurah. Tidak ada teori pasti soal ini, ini hanya soal Fares Trend.

Banyak keuntungan Transit flight, khususnya bagi kamu yang hobi melakukan check-in Foursquare atau yang sejenis. Yaitu : Kamu bisa berada dibanyak tempat saat menuju tujuan. Tapi Transit Flight adalah penerbangan yang melelahkan dan membosankan. Kamu bisa saja transit sehari penuh demi tiket murah, dan hari tersebut adalah hari paling membosankan dalam trip kamu.

Trik 9 : Jangan Lakukan Group Booking

Nah, ini adalah kesalahan umum Traveller. Memang Group Booking adalah membuat urusan tripmu praktis. Tetapi, Group Booking jelas lebih mahal. Bahkan beberapa Maskapai tidak memberikan promo pada Group Booking padahal pada saat yang sama promo untuk satu orang penumpang ada.

Available Airlines in this way : All LCC and Full Service Flight

Trik 10 : Booking Online

Maksud dari booking Online adalah pembelian tiket secara mandiri secara online baik melalui Situs Travel agent seperti Traveloka, AsiaBooking, atau Nusatrip atau Website Maskapai. Saya menjamin 100 % harga disini lebih murah.

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

2 Comments

  1. Ada group tour saya sebanyak 27 orang, mohon solusinya karena sudah kurang lebih 20 jam saya booking melalui Helpdisk di sistem Agen saya sampai sekarang belum ada balasan konfirmasi harga dan kode booking. (kebetulan saya menggunakan Voltras). Saya mencoba booking lewat traveloka tapi dalam satu kode booking hanya bisa 7 penumpang, dan setelah saya booking lagi rute yg sama harga sudah berubah lebih mahal. Jarak keberangkatan marih sekitar 7 minggu dari sekarang. Mohon pencerahannya.. trimakasih

    • Apa sudah dibayar? Kalau belum, cancel saja, kalau sudah bisa reclaim atau ajukan refund.

      Kalau boleh tau airlines nya apa? Dan rutenya kemana?

      Aturan umum semua maskapai paling banyak grup booking dalam satu attempt adalah 9 org, perbedaan harga setelah booking pertama dan kedua adalah wajar, sehingga banyak travel agent yang menggunakan sistem mark-up.

      Bisa juga dengan langsung ke airlines office utk kejelasan dan booking grup yang lbh aman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*