Cara Pesan tiket pesawat tanpa Travel Agent

Membeli tiket pesawat terbang merupakan syarat utama untuk sebuah penerbangan. Tiket adalah tanda kesepakatan antara penumpang dan maskapai untuk menaiki pesawat dimiliki maskapai. Karena penerbangan menganut system pre-paid yang artinya bayar dimuka, maka wajib bagi calon penumpang untuk membeli tiket sebelum terbang. Berbeda dengan Angkutan umum dalam kota seperti taksi dimana kamu bisa membayarnya setelah sampai ketujuan.

Sejak 2013, Semua maskapai telah menerapkan online sale. Penjualan secara online ini bertujuan untuk memudahkan calon penumpang, sehingga calon penumpang tetap bisa membeli tiket sekalipun jauh dari airport atau kantor pusat maskapai. Tiket pesawat terbang bisa dibeli dengan dua cara, pertama melalui travel agent, dan yang kedua melalui website maskapai. Tidak ada lagi pembelian tiket di airport kecuali “on the spot” yaitu pembelian di hari keberangkatan.

Travel agent adalah jasa resmi yang menjadi perpanjangan tangan maskapai untuk menjual tiket. Perlu diketahui mereka bukanlah calo, mereka adalah petugas resmi. Setiap maskapai telah memiliki agent besar yang berbentuk perusahaan. Agent besar biasanya berada di Ibukota Negara atau kota-kota besar di region tertentu.

Sementara di kota lainnya yang lebih kecil, Agent besar telah menempatkan Sub Agent mereka. Jika kamu sering menemukan Travel Agent yang bertempat di ruko-ruko, rumah, atau menjual tiket melalui contact person WhatsApp dan Social Media lainnya maka mereka statusnya adalah Sub Agent. Kamu bisa membeli tiket dari mereka tanpa banyak pengurusan, cukup berikan Info Kartu Identitas dan membayar harga tiketnya.

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk membeli tiket penerbangan tanpa melalui travel agent yaitu melalui website maskapai penerbangan secara langsung.

Kenapa harus membeli dari website maskapai, padahal ada travel agent?

Sedikit bocoran, beberapa maskapai penerbangan tidak menjual tiket promonya kecuali melalui websitenya sendiri atau Agen Besar. Salah satu maskapai itu adalah Airasia. Air Asia hanya menjual tiket promonya melalui Websitenya sendiri, dan beberapa Travel Agent besar seperti Tiket.com, Traveloka, AsiaBooking. Jika kamu menemukan Sub Agent menjual promo, itu artinya dia melakukan pembelian dari websitenya AirAsia secara langsung. Tidak ada salahnya, setidaknya dia telah membantu kamu membeli tiket sehingga kamu tidak perlu lelah mengurusnya.

Pembelian tiket dari website maskapai memang sedikit rumit dan butuh pemahaman lebih dari calon penumpang. Mengapa rumit?

Pertama, Beberapa maskapai hanya menyediakan metode pembayaran yang tidak lazim digunakan oleh orang-orang awam. Seperti Singapore Airlines, SINGAir hanya menyediakan pembayaran melalui kartu kredit atau debit, Transfer Bank tertentu. Jika menggunakan cara selain itu, maka konsekuensinya adalah tiket akan dikenakan charge lebih atau kamu tidak bisa membelinya.

Tapi buat kamu penumpang domestic jangan khawatir, ini hanya berlaku pada maskapai penerbangan internasional. Maskapai domestic menyediakan pembayaran melalui transfer bank, bahkan bisa membayar memalui payment yang mudah ditemukan.

Kedua, Tampilan website yang membingungkan orang awam. Tampilan website maskapai biasanya akan lebih luas daripada travel agent. Karena Website maskapai tidak hanya menjual tiket tapi juga pelayanan lainnya. Web Check-in, Informasi Jadwal bandara, bahkan hingga informasi kantor pusat ditampilkan di website. Maka sering timbul keluhan “Apa yang harus saya klik, banyak sekali buttonnya”.

Ketiga, Login. Airlines website terkadang mewajibkan login untuk melakukan booking. Orang awam akan dengan segera meninggalkan website itu karena hal itu sangat ribet.

Ketiga hal ini menjadikan booking in airlines website sangat ribet dan menyulitkan beginner flyer(penerbang pemula). Website book biasa dilakukan oleh frequent flyer(penumpang pesawat rutin) atau pengusaha travel agent sendiri. Tapi sekali lagi saya tegaskan, Book melalui website memiliki keuntungan yang lebih besar dibanding travel agent. Bagi kamu yang merencanakan trip tanpa paket, cara ini sangat direkomendasikan.

Selain itu, website book juga menjaga transparansi harga tiket. Hanya agent besar dan airline’s website yang 100 persen bisa menjamin transparansi harga tiket. Artinya, harga tiket yang dimuncul di layar nanti tidak rentan mark-up. Perlu diketahui tidak semua sub agent menjual tiket tanpa mark-up, sebagian mereka akan menaikkan margin profitnya pada orang-orang awam, bahkan diatas batas kewajaran margin profit ticket sale. Tapi ini tidak akan menghilangkan kredibelitas sub agent, karena yang melakukan ini hanya sebagian kecil, bukan semuanya.

Keberadaan Sub Agent justru akan memudahkan kamu dalam membeli tiket. Profesi Sub Agent seperti orang yang menjual pulsa elektrik, tidak ada salahnya mereka mengambil margin besar karena transaksi mereka tidak sesibuk Agent besar. Jadilah pembeli yang bijak.

Baiklah, ikuti cara berikut agar kamu bisa melakukan book melalui website. Cara ini adalah generalisasi dari beberapa maskapai yaitu :

– Garuda Indonesia

– Lion Air

– Air Asia

– Citilink

– Singapore Airlines

– Saudi Airlines

  1. Buka Website Airlines yang diinginkan.

opening-page

Tampilan airlines web akan berbeda-beda, sesuai dengan kualitas Maskapai itu. Tapi, biasanya button untuk melakukan booking hanya satu. Carilah kata “Search Flight” atau “Book a Flight”, jika dalam situs berbahasa Indonesia tertulis “Cari Penerbangan”.

  1. Pilih kota asal dan Tujuan

book-pages

Setelah mengklik Search Flight, akan muncul halaman baru yang berisikan kotak pemilihan Kota Asal dan Tujuan. Dalam bahasa inggris akan tertulis “From :” dan “Fly to:”. Pilihlah kota asalmu dan kota yang kamu tuju. Trik khusus agar lebih cepat menemukan kota tujuan adalah menggunakan kode bandara. Sebagai contoh, cara cepat menemukan Jakarta adalah menuliskan CGK yang mewakili kata Cengkareng lokasi Soekarno Hatta Airport. Osaka yang diindex dengan KIX yang mewakili Kansai Internasional Airport.

  1. Pilih tanggal penerbangan dan Tentukan “One Way” atau “Return”

tanggal

Tepat dibawah kotak pemilihan tempat asal dan tujuan, ada kotak tanggal berangkat dan tanggal kembali dalam bentuk kalendar. Pilih tanggal penerbangan kamu, jika kamu sudah menentukannya. Jika belum dan masih dalam pencarian harga murah, pilihlah flexible. Jika memilih ini kamu akan diteruskan ke tampilan harga disetiap tanggal dalam satu bulan.

Penerbangan pulang pergi sebaiknya melakukan booking sekalian, karena umunya dengan cara ini maskapai akan memberikan harga lebih murah. Tapi jika kamu hanya terbang satu arah karena akan tinggal ditempat itu dalam waktu yang belum jelas, centang pada kotak One Way trip atau uncheck pada kotak return diatas calendar.

  1. Jumlah penumpang

Tepat sebelum button “next” akan muncul kotak pengisian jumlah penumpang. Isilah jumlah penumpang, maksimal 9 penumpang per booking. Jika membawa anak bayi, isilah dikolom balita. Balita akan dikenakan setengah harga tiket dewasa.

  1. Pilih harga tiket

pilih-jadwal

Halaman ini akan muncul setelah 4 langkah pertama selesai. Biasanya akan ada lebih dari 1 penerbangan dalam sehari di satu bandara. Maka kamu harus memilih akan terbang pada jam berapa dan harganya tentu berbeda-beda.

Air Asia, Lion Air, dan Citilink memberikan label khusus pada harga promo. Sebaiknya gunakan kesempatan ini sebaik mungkin.

  1. Passenger Detail

pass-detail

Kamu akan diteruskan ke halaman Passenger detail jika sudah menyelesaikan lima langkah diatas. Passenger Detail adalah halaman pengisian identitas penumpang. Biasanya akan diminta No Identitas yang berlaku. Dalam penerbangan hanya KTP dan Passport yang diterima sebagai tanda pengenal.

Isikan nama sesuai Kartu Identitas. Akan ada dua kolom yaitu First Name dan Last Name. Jika nama kamu lebih dari 2 Suku kata, pilihlah kata pertama dari nama kamu dan kata terakhir. Dan jika nama kamu hanya satu suku kata, tuliskan pada kolom first name dan last name dengan isian yang sama. Khusus di Saudia Airlines, kamu akan diminta mengisikan tiga suku kata karena ini adalah aturan Saudi Arabia. Bawa Passport kamu ke imigrasi untuk menambahkan informasi nama. Lalu lakukan booking.

Air Asia juga meminta Tanggal lahir dan Kewarganegaraan dalam passenger detailnya.

  1. Additonal Page

additional

Beberapa maskapai akan meminta kamu mengisikan informasi tambahan seperti kursi, bagasi, dan asuransi. Halaman ini biasanya muncul pada Low Cost Carrier. Skip langkah ini jika ingin mendapatkan tiket termurah, kecuali pada bagian Baggage atau bagasi. Belilah bagasi 15 kilogram jika kamu membawa koper yang agak besar.

  1. Pembayaran

payment

Setelah semua selesai, maka kini saatnya melakukan pembayaran. Kamu akan menemukan halaman pembayaran. Pilihlah Payment Method yang mungkin kamu selesaikan. Biasanya setiap booking akan diberikan waktu 2 jam untuk menyelesaikan pembayaran, jika melewati batas maka kamu harus melakukan booking ulang yang belum tentu harganya sama dengan sebelumnya.

Sebaiknya kamu punya mobile banking di smartphone, karena mesin atm belum tentu bisa kamu capai dalam waktu 2 jam.

  1. Konfirmasi pembayaran dan Issued Ticket

your-electronic-ticket-receipt-1-638

Jika Pembayaran telah selesai, lakukanlah konfirmasi pembayaran. Setelah itu e-ticket akan keluar dan kamu harus mendownloadnya dalam bentuk .pdf. E-ticket ini yang akan gunakan untuk melakukan check-in nanti pesawat nanti

Tips : Jika ingin berhemat kertas atau tidak ingin membawa banyak dokumen ketika akan berangkat, catat saja Booking Number yang biasanya terdiri dari susunan huruf atau angka sebanyak 6 huruf. Kehilangan e-ticket yang terprint bukanlah kiamat, kamu masih bisa mendapatkannya kembali dengan melakukan login ke maskapai dan mendownload kembali(disinilah fungsi login).

And then, Go to Airport and Safe Flight

Cara diatas bersifat umum, beberapa maskapai juga memberikan langkah khusus yang sifatnya hanya tambahan. Jika ada yang ingin dikonsultasikan kamu bisa menghubungi halaman facebook kami Safar Guide.

Trip in Muslim way

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*