Sebab Tiket Pesawat Murah dan Mahal

Pernah dengar Promo tiket pesawat yang sadis? Bahkan sampai kata “tidak masuk akal”. Beberapa maskapai bahkan menjual tiket yang lebih murah dibandingkan Tagihan Listrik kamu. Hingga membuat kamu jadi sangat ingin terbang dan tentunya kesempatan ini tidak boleh disia-siakan.

Tapi, terkadang kamu menemukan tiket pesawat yang harganya selangit. Padahal ada tiket yang harganya jauh lebih murah dengan destinasi yang sama. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Baiklah, kali ini saya akan menjelaskan fenomena ini. Fenomena perbedaan harga tiket ini terjadi karena perbedaan maskapai, Layanan, dan kenyamanan. Setiap maskapai memiliki aturan dan pelayanan yang berbeda sesuai kesepakatan perusahaan. Maka tidak heran kamu menjumpai Tiket Jakarta-Kuala Lumpur dengan harga 300.000 rupiah di salah satu maskapai, sementara maskapai lain menawarkan harga 800.000 rupiah, sungguh perbedaan yang jauh. Tetapi faktanya tiket yang mahal itu tetap ramai yang membelinya.

Maskapai penerbangan adalah perusahaan pengelola pesawat yang diterbangkan. Maskapai bisa dikategorikan menjadi dua jika dilihat dari pelayanan dan harga tiketnya. Dalam perjelasan berikut saya akan langsung menyebutkan nama perusahaan itu.

Fakta-fakta Low cost dan Full Services Airlines
Fakta-fakta Low cost dan Full Services Airlines

Low Cost Airlines

Kasus harga tiket yang terlalu murah sangat terkait dengan kata “LCA” atau “Low Cost Airlines” juga ada yang menyebut LCC(Low Cost Carrier), jika diterjemahkan “Penerbangan Tarif Rendah”. Dari namanya saja sudah kalian ketahui apa maksudnya. LCC adalah Penerbangan yang dikelola oleh maskapai yang menerapkan system banting harga dengan mengurangi layanan yang biasa ditemukan dikelas Full Service. Mereka berani memberikan harga yang tidak masuk akal murahnya, sehingga banyak penumpang yang memilih terbang dengan mereka sekalipun tidak senyaman Full Service.

LCA dipelopori oleh salah satu Maskapai penerbangan di Amerika Serikat Soutwest Airlines. SWA(South West Airlines) memberikan harganya yang jauh lebih rendah dari maskapai pesaing seperti American Airlines atau United Airlines. Banyak penumpang tertarik menaiki pesawat ini. Di Asia tenggara sendiri, Penerbangan murah dipelopori oleh Tony Fernandes dengan perusahaan Air Asia. Bagi kamu yang pernah ke Malaysia pasti tau seberapa murah pesawat ini. Di Indonesia juga terdapat Maskapai LCA, yang terbesar adalah Lion Air dan Citilink.

Mengapa bisa sangat murah?

LCA mengurangi fitur-fitur yang ada di penerbangan full service seperti makanan selama terbang, ruang tunggu yang nyaman, Terminal yang sedikit lebih rendah kelasnya, Asuransi ditiadakan, Bagasi berbayar, dan jenis pesawat yang digunakan dalam LCA memang di design untuk penerbangan murah. Airbus A320 dan Boeing 737-800ER mendominasi penerbangan murah.

Bukan berarti LCA menghilangkan secara permanen Fitur-fitur tersebut. Penumpang tetap bisa menikmati layanan itu dengan cara order sebelum flight. Air Asia dan Lion Air menyediakan juga makanan dengan mode dijual. Air Asia bahkan jual bagasi dan fitur pemilihan kursi, sehingga harga tiket Air Asia memang murah gila. Satu hal lagi, LCA juga menggunakan Young Pilot yang berarti pengalaman terbangnya sedikit. Tidak heran jika penerbangan LCA sedikit kasar, tapi jangan khawatir, tetap aman.

Setiap maskapai memiliki kebijakan sendiri soal pengurangan fitur. Beberapa maskapai yang benar-benar menghilangkan fitur full service seperti Air Asia, sebagian lainnya tetap menyediakan service seperti Lion Air dan Citilink. Kamu juga bisa melihat sendiri saat terbang nanti bagaimana tingkat kesopanan officer pesawat. Full Service Flight memiliki officer yang luar biasa sopan.

Low Cost Airlines mendapat sangat banyak kritikan oleh Frequent Flight (Penumpang Rutin) karena terlalu merendahkan status penumpang. Bahkan Menteri perhubungan Indonesia pernah membekukan seluruh penerbangan LCA pasca insiden QZ450 walaupun akhirnya dicabut. Namun tidak sedikit yang memberikan pujian besar karena dengan LCA semua orang dari berbagai status social bisa terbang. Ini menjadi Tagline Air Asia “Now, Everyone can Fly”. Satu lagi kekurangan LCC adalah, LCC terlalu sering delayed flight. Maklum, namanya juga murah.

Berikut adalah daftar Low Cost Airlines terkenal, barangkali bisa bermanfaat saat kamu akan terbang ke daerah tertentu, domestic ataupun internasional :

low-cost-carrier-list

Full Services Carrier

Berbeda dengan jenis maskapai sebelumnya, Full Services Carrier adalah penerbangan dimana penumpang akan menerima pelayanan penuh sebagai penumpang pesawat. Menurut Situs airlinesrating.com, ada 7 hal yang menjadi kriteria Full Services Carrier.

– Jarak Kursi yang lebar

Pesawat Full Cost memiliki jarak antara seat sejauh 30 inch atau lebih, dimana kamu bisa menselonjorkan kaki dan duduk dengan nyaman. Hanya beberapa LCC yang menyediakan layanan ini, itupun penumpang harus memberikan biaya tambahan.

– Hiburan dalam pesawat

3 Jam tanpa satu hiburan dalam pesawat membuat penerbanganmu sedikit membosankan. Terus-terus memandang awan diluar hanya akan mampu dilakukan oleh orang yang duduk di seat jendela. Pesawat Full Services pasti menyediakan Televisi ataupun LCD di setiap seat yang telah dibekali Film, Lagu, ataupun pemberian informasi penerbangan. Saat saya terbang bersama Garuda Indonesia, penerbangan sedikit lebih menyenangkan karena Fasilitas ini. Rasanya enggan turun dari pesawat itu. Garuda adalah salah satu Full Cost Carrier Airlines

– Makanan gratis

Lapar ditengah perjalanan adalah sesuatu yang wajib bagi traveller. Sudah menjadi kewajiban maskapai untuk menyediakan makanan bagi penumpang. Hanya saja, penumpang harusnya mendapatkannya gratis bukan dengan membelinya lagi di atas langit.

– Lounge dan Terminal

Lounge atau ruang tunggu penumpang Full Services Airlines sangat premium. Beberapa airport bahkan membedakan terminal, seperti Soekarno Hatta Intl Airport dan Kuala Lumpur Intl Airport. Di Soetta sendiri penumpang Full Cost akan menunggu di terminal 2 dimana fasilitas lebih lengkap dan memudahkan penumpang. LCC attendant akan menunggu di terminal 1.

– Schedule : On time always

Full Services terlambat terbang? Kamu akan dibayar 100.000 rupiah jika Pesawat Full Services delayed 1 jam dari jadwal yang tertera di boarding pass. Tapi sebaiknya jangan harap kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, karena Full Services Flight selalu tepat waktu. Pernah saya memantau  flight salah satu maskapai Full Services selama satu minggu, mereka bahkan tidak pernah delayed.

– Pilot senior dan Comfort Flight

Bagi kamu yang belum pernah merasakan terbang bersama Full Services Airlines, Kamu mesti coba. Penerbangan benar-benar nyaman dan sangat sedikit guncangan saat Take Off ataupun Landing. Jam terbang pilot sangat tinggi sehingga mengerti bagaimana memanjakan penumpang.

Disamping semua hal itu, ada factor-faktor lain hingga maskapai dimasukkan ke kategori Full Services. Seperti Bagasi gratis, Website, dan Imigrasi di dalam pesawat(khusus Intl Flight).

Di Indonesia saat ini ada 2 Maskapai yang saling bersaing menjadi Full Services Flight terbaik yaitu : Garuda Indonesia Airways dan Batik Air dari Lion Group. Keduanya bersaing sangat ketat, hanya saja Experience Garuda Indonesia mengalahkan Batik Air yang masih sangat muda. Garuda sendiri sudah bergabung ke Sky team bersama maskapai Internasional Lainnya.

Ditingkat Asia, Singapore Airlines dan All Nippon Airways menguasai rating Full Services Flight. Pelayanan yang mereka berikan benar-benar luar biasa, sesuai juga dengan harga tiker mereka yang jauh diatas Air Asia. Qatar Airways, Fly emirates, Thai Air juga merupakan maskapai besar di Asia.

Bagaimana dengan tingkat internasional? hingga hari ini Turkish Airlines dan Air New Zealand adalah maskapai terbaik, nama terakhir menerima penghargaan dari airlinesrating.com. Jika ingin merasakan Pelayanan mereka, Biaya trip kamu akan sangat mahal. Sebagai perbandingan, Jakarta-Jeddah jika menggunakan pesawat murah seperti Malindo Air berada dalam kisaran 2 jutaan. Sementara dengan Singapore Airlines harganya bisa mencapai 5 jutaan. Tapi harga mahal itu akan terbayar dengan fasilitas, kamu tidak maukan terbang selama 7 jam dan kamu hanya duduk saja.

Berikut daftar maskapai Full Services Carrier terkenal di Dunia :

full-services-carrier-list

Sekarang Kamu bisa pertimbangkan sendiri pesawat mana yang akan kamu tumpangi menuju tujuan

Murah tapi membosankan atau Mahal tapi nyaman dan menyenangkan?

Silakan Pilih Sendiri

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

7 Comments

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your
    point. You definitely know what youre talking about, why waste your intelligence
    on just posting videos to your blog when you could be giving us something enlightening to read?

    • I could make some video about this topic, but I need to focus in writing for a while
      maybe after 2 month I will make some vlog in youtube refers to this post..

      thanks for your advice, maybe you visit our country to see many amazing view

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara pesan tiket pesawat tanpa Travel Agent | SAFAR GUIDE
  2. Travel Lifehack yang akan memudahkan Perjalanan part 1 | Safar Guide

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*