Tips menghindari Mabuk Darat

Mabuk Darat, sebuah kelakuan yang ada pada beberapa orang yang melakukan trip melalui darat. Umumnya mabuk darat berlaku pada penumpang mobil atau bus. Sangat jarang ditemukan di penumpang kereta api ataupun sepeda motor.

Mabuk darat bukan disebabkan oleh minuman beralkohol atau minuman haram lainnya. Mabuk darat adalah penyakit vertigo dimana sistem saraf mengalami ketidak seimbangan dengan pusat segala tindakan, telinga, dan mata yang berujung pada rasa mual, pusing, keringat dingin, dan muntah. Maksudnya otak kamu tidak dapat menormalkan kondisi tubuh karena mata melakukan kegiata yang tidak sejalan dengan telinga hingga terjadi ketidak seimbangan.

Jangan takut, karena mabuk darat bukanlah aib akan tetapi mengganggu sebagian orang yang satu mobil jika kamu muntah. Dan jangan jadikan mabuk darat sebagai penghalang besar bagi kamu untuk melakukan safar.

Menghindari mabuk darat sebenarnya tergantung pada pribadi perorangan. Setiap orang memiliki cara sendiri mengalahkan rasa mualnya ketika menumpang bus atau mobil. Terkadang setelah membaca postingan tertentu yang memberikan solusi mabuk darat, saat perjalanan mabuk itu tetap muncul. Postingan itu tidak salah karena dia memberikan solusi yang bersifat umum, artinya dominannya orang berhasil setelah menerapkan tips itu.

Jujur, saya sendiri adalah traveler yang mengalami mabuk jika menumpang bus dan mobil, tapi tidak kronis. Saat masih berusia remaja, mabuk darat saya lumayan berat. Jika menumpang bus, setiap dua jam saya akan muntah. Sangat mengganggu penumpang lainnya. Ada yang lebih para lagi, berada di dalam mobil saja, rasa mual langsung muncul. Ingat, ini bukanlah aib. Setiap manusia berpotensi mabuk darat, tapi berbeda-beda soal seberapa sering dia mabuk.

Mabuk darat itu mulai berkurang setelah berusia 20 tahun. Lanntaran terlalu sering trip dengan kendaraan darat, mabuk darat itu tidak separah dahulu. Saya akan memberikan beberapa tips mengalahkan mabuk darat bersandar pada perjuangan saya dahulu.

1Berdoa kepada Allah agar tidak mabuk selama perjalanan

Sehebat apapun kamu, sekuat apapun, sesering apapun menumpang mobil atau bus, tetap saja kamu bisa mabuk darat jika Allah berkehendak. Berdo’a kepada Allah disetiap memulai perjalanan adalah hal utama yang mesti dilaksanakan. Terlalu sombong jika berdo’a saja tidak mau. Mintalah pada yang Maha mengabulkan sekecil apapun permintaan itu.

Lakukan juga shalat sunnah sebelum melakukan trip. Seperti, shalat dhuha jika keberangkatan bus atau mobil pada pagi hari. Mengapa shalat sebelum berangkat? Walaupun ini tidak ada hubungan secara medis dengan mabuk darat, tapi shalat bisa membuat kondisi jiwa lebih nyaman. Faktanya, mayoritas penyakit dan perubahan kondisi tubuh dipengaruhi kondisi jiwa.

2. Makan 20 menit sebelum berangkat

Makan bertujuan agar kamu tidak berangkat dalam kondisi perut kosong. Perlu diketahui bahwa mabuk darat bisa dilawan ketika dia muncul. Setiap perlawanan butuh tenaga. Perut kosong tidak akan memberikan tenaga yang cukup untuk melawan mabuk darat.

Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan. Berlebihan justru akan membuat kamu mudah muntah. Makanlah sepotong roti plus segelas teh hangat atau air gula hangat. Setidaknya ini akan membantu kamu selama perjalanan.

3. Posisi Duduk disebelah kanan

Ternyata posisi duduk di mobil atau bus berpengaruh pada potensi Mabuk darat. Dimanakah posisi duduk paling rentan mabuk darat?

Sebelah kiri pengemudi, jika di Negara yang mempunyai lajur kanan.

Dalam studi kasus yang saya pelajari setelah menumpang 5 bus dengan melintasi daerah pegunungan, kebanyakan penumpang yang duduk di sebelah kiri pengemudi mengalami mabuk, walaupun tidak muntah tapi tidur sepanjang perjalanan adalah indikasi mengalami mabuk darat. Semakin jauh jarak dari pengemudi maka efeknya akan semakin berat.

Maka, posisi di kanan mobil adalah posisi terbaik untuk mengurangi mabuk darat. Sekali lagi, meminimalisir efek bukan berarti tidak mabuk darat. Dan yang terbaik adalah tepat dibelakang supir. Secara Ilmiah, sebuah mobil yang menikung akan mendapat G-Force atau gaya gravitasi. Gaya G-Force yang kuat (diatas 1.5 G) akan membuat sistem koordinasi tubuh mengalami gagal sinkron. Hal ini merupakan sebab utama seseorang mengalami mabuk darat. Kecepatan menikung dan sudut tikungan akan menguatkan kekuatan G-Force itu. Artinya, semakin cepat mobil di tikungan maka penumpang akan semakin berpotensi mengalami mabuk.

untitled-22323

Jika digambarkan, saat mobil menikung, akan ada center of gravity dimana pada point itu G-Force lebih lemah dari pada bagian mobil lainnya. Umumnya Center of Gravity berada dikanan mobil karena lajur sebelah kanan didominasi dengan tikungan ke kanan. Orang yang duduk di dekat Center of Gravity akan mendapat efek yang sedikit dan mengurangi potensinya untuk mabuk darat.

Ada solusi agar posisi duduk tidak menjadi masalah saat menumpang mobil. Caranya adalah dengan membiasakan berada di posisi kiri. Pada awalnya, mabuk darat akan tetap terjadi tetapi jika terus berada dalam posisi yang sama tubuh akan melakukan pembiasaan dan akan membuat kamu tidak mabuk darat lagi. Sekedar berbagi info : Para Driver F1 mengalami Gaya G-Force yang lebih kuat bahkan mencapai angka 5, pada kondisi ini kamu bukan saja mabuk darat tapi pingsan atau buta jika tidak terlatih. Driver F1 mengatasi ini dengan latihan dengan mengendarai mobil itu hingga berkali-kali. Barangkali cara mereka berlatih bisa kita praktekkan.

4. Membawa bahan tertentu dengan aroma terapi

Sebagian orang yang mengalami mabuk darat disebabkan oleh aroma mobil yang kurang menyenangkan. Aroma mobil membuat hidung penumpang tidak nyaman dan ini berpengaruh pada kinerja otak. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya Sebab utama mabuk darat adalah kinerja otak yang kurang maksimal dalam sinkronisasi tubuh. Ketika otak sedang berusaha beradaptasi dengan suara mesin mobil, bersamaan dengan mata yang menangkap banyak bentuk sekaligus, ditambah lagi dengan aroma tidak menyenangkan yang mengganggu indera penciuman. Mudah sekali orang mengalami mabuk darat.

Solusinya adalah membawa minyak beraroma terapi yang melegakan hidung dan kepala. Tapi bijaklah dalam menggunakannya, belum tentu orang disebelahmu nyaman dengan yang kamu bawa. Contoh kasus : Teman trip saya merasa nyaman dengan aroma kopi sehingga dia membawanya, sementara penumpang lainnya merasa tidak nyaman dengan itu dan akhirnya merasa risih dengannya. Jika yang kamu naiki adalah mobil sendiri, maka pilihlah pewangi ruangan yang nyaman.

5. Tidak membaca buku atau menggunakan handphone selama perjalanan

Buku atau handphone membuat Mata melakukan fokus lebih pada objek tertentu. Saat berkendara Mata perlu mensinkronkan kinerjanya dengan telinga, artinya saat telinga menerima efek dari luar kendaraan maka mata juga harus beradaptasi dengan kondisi diluar. Jika Mata fokus pada handphone maka kondisi luar kendaraan akan terabaikan dan menyebabkan otak gagal sinkron dan mabuk darat.

Jika ingin menggunakan handphone hindarilah saat mobil sedang berada di jalan yang banyak menikung seperti pegunungan. Dan sebaiknya juga hindari menggunakan handphone saat mobil sedang melaju sangat cepat karena suara mesin sedang dalam keadaan besar.

6. Berbicara dengan Teman dan memutar suara

Berbicara dengan teman adalah salah satu solusi menghindari mabuk darat. Kamu pasti pernah merasakannya jika di dalam mobil dalam keadaan ramai suara manusia, kamu tidak mabuk darat tapi merasa kesal. Suara manusia dan umpan balik dari kamu akan membuat telinga dan mata mengubah fokusnya ke satu titik, otak mudah mensikronkannya dan mabuk darat tidak terjadi.

Memutar musik juga bagus untuk menghindari mabuk darat asalkan musiknya yang easy listening. Dan yang paling nyaman untuk didengar adalah suara Ayat Al-Qur’an yang dibacakan.

7. Tidur

Ini adalah senjata terakhir dan paling pamungkas untuk mengalahkan mabuk darat. Tidur akan membuat Otak masuk ke kondisi paling tenang dan merendahkan fungsi mata dan telinga. Tanpa perlu penjelasan panjang, Tidur adalah obat terbaik untuk melawan mabuk darat.

Sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan seperti Ant**o karena ini tidak baik bagi tubuh. Perlu kamu ketahui, Ant**o bukanlah obat mabuk darat tapi obat yang membuat kamu ngantuk dan tidur diperjalanan, bukan hanya ant**o yang bisa mengalahkan mabuk tapi obat tidur lainnya juga bisa digunakan.

Semua hal ini adalah solusi untuk menghindari mabuk darat berdasarkan riwayat empiris saya. Bukan berarti ini mutlak menghilangkan mabuk darat akan tetapi mengurangi potensinya. Namun saya rasa, poin pertama adalah yang paling penting dari segalanya. So, jangan lupa untuk berdo’a sebelum melakukan safar.

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

2 Comments

  1. kalau saya :
    1. pakai headset
    2. menatap ke depan, kalau harus menatap ke samping, menatap yang jauh, agar bola mata tidak pusing mengikuti gerak objek
    3. minum antimo…wahwahhawh 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*