Tips Menyiapkan Bawaan Selama Travel

Pada tulisan sebelumnya telah dipaparkan perencanaan Trip secara umum. Walaupun biasanya semua orang pasti merencanakan trip nya, tapi perlu untuk menyusun secara rapi dengan plan-plan alternatif untuk mengantisipasi masalah-masalah dalam Safar. Fakta menunjukkan Mayoritas Turis dipersulit oleh bawaanya sendiri yang dinilai berlebihan. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan Bagaimana menyiapkan logistik yang diperlukan selama Trip dengan berbagai pertimbangan. Logistik selama travel biasanya berupa Pakaian, Konsumsi ringan, alat komunikasi dan lain-lain yang dapat disimpan dalam tas.

Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pastikan dahulu lama perjalanan mu

Banyaknya logistik yang dibawa sangat ditentukan dengan lama perjalanan mu nantinya. Perlu disesuaikan antara lama perjalanan dan banyaknya logistik agar tidak terjadi overload barang yang hanya akan menyulitkan perjalanan. Khususnya dalam soal penerbangan barang berlebihan hanya akan membuat sulit penumpang dan harus membayar charge overload.

Jika perjalananmu dibawah 3 hari, sebaiknya siapkan 2 Lembar Baju, Satu Lembar celana kargo plus pakaian shalat. Penggunaan celana kargo diutamakan karena celana ini cukup mudah dibersihkan dan tidak mudah kusut. Dua lembar baju dirasa cukup untuk 3 hari, jika kamu menenempuh perjalanan darat yang lama, siapkan juga pakaian dalam kendaraan seperti kaus plus jumper(sweater). Pentingnya pakaian shalat tidak perlu dibicarakan lagi. Penggunaan sepatu casual atau sandal gunung lebih diutamakan, sesuai kenyamanan Traveler.

Untuk perjalanan dalam kisaran waktu 4-10 hari, siapkan pakaian yang lebih banyak tapi tidak membuat beban tas terlalu berat. Perjalanan dengan lama waktu diatas 2 minggu, bawalah yang sama seperti 4 hari tapi carilah tempat mencuci pakaian seperti laundry atau dobi hotel. Atau carilah swalayan yang menjual pakaian dan belilah secukupnya.

  1. Siapkan Tas Penyimpanan

Ransel atau Koper? Ini kembali ke jenis trip kamu. Premium Trip akan lebih memilih menggunakan koper walaupun tidak menutup kemungkinan menggunakan ransel. Ukuran tas juga disesuaikan, jangan terlalu besar tapi juga jangan terlalu kecil. Sebaiknya sediakan juga tas kecil sebagai tempat menyimpan kartu identitas, uang, barang-barang kecil, tiket, dan lain-lain. Pilihlah Tas atau Koper yang kokoh dan memiliki sistem pengamanan, kita tidak tahu bagaimana kejahatan orang-orang saat kita melakukan safar.

Gunakan Tas Ransel yang berukuran 30 liter ke atas agar seluruh barang muat dan tidak terlalu sesak. Laptop dan kamera sebaiknya dimuat dalam tas yang berbeda dengan pakaian. Mengapa? Barang elektronik sangat rentan rusak dan sering digunakan dalam perjalanan sehingga hanya akan menyulitkan traveller jika disimpan dalam Tas Ransel yang sama dengan pakaian. Gunakan Ransel yang berbahan kevlar, jika tidak tersedia gunakan yang ransel dari bahan lain yang juga kokoh. Merk bukanlah masalah dalam hal ini, begitu juga harga, walaupun biasanya harga mencerminkan kualitas. Manfaatkan Jumlah kantong dalam ransel. Biasanya ransel untuk Travel memiliki 3 kantong besar plus 4 slot kecil di dalamnya. Gunakan Slot paling besar untuk menyimpan pakaian. Simpan rang-barang seperti sikat gigi, mushaf Al-Quran, atau peci di slot kecil. Jika perjalananmu lebih lama dan banyak menghabiskan waktu dikendaraan gunakanlah carrier 60 liter lebih.

Koper adalah pilihan para premium traveler dan trip dalam kota. Mengapa koper? Koper terlihat lebih elegan dan tidak membuat tulang punggung sakit. Koper memiliki kelebihan tersendiri bagi ransel selain mudah dibawa. Kelebihannya adalah Ruang penyimpanan lebih besar dan kokoh. Ukuran Koper yang akan digunakan tergantung kebutuhan. Tentunya prinsip koper sama seperti ransel/carrier dalam pemilihan ukuran. Koper biasanya hanya memiliki satu ruang besar, pakaian dan baran-barang lainnya bisa disimpan disatu tempat. Jika ingin membawa barang-barang elektronik tapi trip dengan koper, maka kamu terpaksa menyediakan secondary bag. Ruang yang luas membuat koper ukuran kecil bisa memuat baju, celana, handuk, sepatu, kaos kaki dan lain-lain. Butuh trik-trik khusus agar koper kecil memuat lebih banyak barang. Compacting Load adalah Trik membuat 3 lembar baju, dua Celana, handuk, sepatu dan kaos kaki bisa ditempatkan di koper kecil. tutorial compacting bisa di cari di youtube, atau nanti saya post kan kembali.

Disamping Koper atau Ransel, ada satu penyimpanan lagi yang tak kalah penting. Hand Carry, sebuah penyimpanan yang easy to bring dimana kamu bisa menyimpan minuman, makanan, uang, handphone, headset, kamera ataupun laptop. Hand Carry bisa berupa Tas samping atau ransel 20 liter kebawah. khusus kamu yang menggunakan celana kargo, Hand Carry bag menjadi opsi non prioritas karena celanamu memiliki kantong yang banyak dan besar.

So, Siapkan tas penyimpanan sesuai lama trip dan tipe trip kamu.

Recommended Brand : Eiger, Kalibre, Consina, Samsonite.

  1. Pengganjal perut lapar dan dahaga

Setiap perjalanan, baik darat, laut atau udara, kamu pasti membutuhkan cemilan atau minuman. Hal ini penting untuk disiapkan, karena sebuah perjalanan pasti akan membuat kamu lapar. Backpackerpun pasti akan menyiapkan botol berisi air. Siapkanlah Logistik konsumsi sebelum berangkat. Hindarilah perencanaan membeli selama perjalanan, karena belum tentu kamu akan menemukannya. Bawalah sekurang-kurangnya Roti dan Sebotol Air. Khusus bagi kamu penumpang pesawat full service atau kapal laut tertentu kamu memang akan disuguhi makanan dan minuman gratis. Abaikan poin ini jika kamu trip saat berpuasa.

  1. Devices

Pada poin dua telah saya jelaskan sedikit soal Devices. Pada poin ini saya hanya akan memberikan rekomendasi Devices yang perlu dibawa dan yang lebih baik ditinggalkan.

Kamera     Perlu           Mengabadikan Moment

              Handphone                       Sangat perlu                        Alat Komunikasi

                Laptop                         Sebaiknya tidak                      Biasanya useless

                             Headset                              Boleh                      Tidak mengganggu orang lain

                Tongsis                        Kurang penting                                   Media selfie

Devices diatas adalah devices yang biasa dibawa oleh para traveler. Hand Phone dan Kamera rasanya sudah cukup membuat trip kamu nyaman dan bermakna.

Saya punya pengalaman buruk soal overload devices dan Pakaian. Saat melakukan Perjalanan menuju Palembang, saya membawa Kamera DSLR, Handphone dan Laptop. Pakaian yang saya bawa terlalu banyak, hingga memenuhi koper. Saya juga membawa 2 Tas ransel untuk laptop dan kamera dan satu koper, plus perjalanan itu saya lakukan sendirian tanpa partner. Saat itu saya masih kekurangan experience dalam Trip. Rasanya seperti tersiksa karena terus-terusan membawa barang yang sangat banyak itu, ingin rasanya memberikan kepada orang lain saja, tapi semua barang itu harus kembali ke rumah, benar-benar sebuah pelajaran.

Ingat Prinsip utama Logistik Trip

“Jangan Bebankan diri dengan barang-barang yang tidak digunakan”.

Ibnu Hisham

Yang pernah tersiksa dalam Safar

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*