Jenis-jenis Travel berdasarkan Cost dan Budget

Cost dan Budget adalah dua benda utama dalam Travel. Keduanya adalah hal yang perlu dipersiapkan dan diatur sebaik mungkin agar perjalanan menjadi hemat. Budget sendiri maksudnya adalah Dana yang tersedia di saku, di dompet, atau di Rekening. Cost adalah total estimasi pengeluaran pada aktifitas Trip yang akan dilakukan. Besar kecilnya Cost dan Budget tergantung dari Jenis Trip yang kita gunakan. Berikut beberapa tipe trip yang biasa dilakukan orang lain.

14

A. Premium Trip

Dari namanya saja sudah kita ketahui bahwa Trip ini adalah trip yang mahal. Cost yang dikeluarkan di dalam Trip ini lumayan menguras dompet. Tidak ada batasan minimal secara resmi cost minimun Premium Trip, tapi ukurannya dasarnya dinilai dari fasilitas yang digunakan saat Traveling. Premium trip biasa dilakukan oleh VIP, pejabat, utusan lembaga, dan orang-orang yang diberikan kelebihan harta oleh Allah SWT. Tidak sedikit juga sipil biasa menggunakan trip ini karena tidak ingin ribet dan minim resiko. Trip ini identik dengan Koper walaupun Koper bukanlah faktor utama sebuah Trip disebut Premium.

Saya membuat beberapa kriteria sebuah trip dikategorikan ke Premium Trip :

  • Biasanya menggunakan koper
  • Jarang mempersoalkan harga hotel per malam
  • Transportasi Pesawat yang ditumpangi biasa High Cost Transport seperti Garuda Indonesia, atau Malaysia Airlines. Jika menggunakan jalur darat akan menggunakan Mobil mewah atau Bus VIP. Dan jika melalui jalur laut Kapal Mewah adalah opsi utama.
  • Makanan yang disantap selama trip juga dibeli di Restoran atau Tempat makan yang juga premium
  • Taxi adalah Transportasi darat utama dalam kota.
  • Menghindari langkah kaki
  • Logistik yang disiapkan seperti baju juga lebih elegant dan biasanya menggunakan jasa doby hotel untuk membersihkan pakaian

Dari kriteria diatas nampak bahwa trip ini mewah dan cocok bagi kamu yang tidak mau ada resiko atau rasa letih dan pegal kaki saat Trip.

B. Family Trip

Trip bersama keluarga cukup menyenangkan dan seru. Safar terasa lebih ramai dan tidak canggung selama trip. Namun, biasanya trip bersama keluarga akan memiliki spending cost yang lebih besar dari pada premium karena banyaknya persiapan logistik yang disiapkan. Cost bisa lebih murah jika kamu adalah orang yang ditanggung biayanya dalam trip ini. Dominannya menganut aliran premium trip supaya perjalanan lebih nyaman.

C. Backpaker

Travel Backpaker atau travel menggunakan tas belakang. Merupakan salah satu aliran ekstrim dalam travel namun hemat. Begitu hematnya bahkan sampai ada Backpaker yang menggunakan uang dibawah satu juta dengan 5 destinasi berbeda. Saya sendiri merupakan penganut aliran ini. Backpaker sangatlah seru dan penuh resiko. Berbeda jauh dengan Premium yang penuh kemewahan, backpaker penuh dengan cobaan, rasa sakit, tantangan yang luar biasa. Bagi kalian yang pernah melihat bule berjalan menggunakan tas yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya maka kalian telah menjumpai salah satu Backpaker.

Tidak diketahui secara pasti mengapa banyak orang memilih jalan ini padahal Backpaker sangat penuh resiko. Biasanya backpaker identik dengan tas ransel, dan biasanya tas ransel mereka berisi rumah mereka selama travel. Mereka lebih sering berjalan kaki daripada menghabiskan uang untuk transportasi. Jika jarak yang ditempuh agak jauh mereka akan mencari kendaraan murah atau memberikan jari jempol dipinggir jalan demi tumpangan gratis.

Umumnya orang yang menganut aliran backpaker adalah Musafir minim budget atau musafir yang berusaha meminimalisasi cost tripnya. Terkadang dijumpai diantara mereka yang merupakan Traveler yang mencari penghasilan. Destinasi mereka juga berbeda dari wisatawan biasa, mereka lebih condong untuk mencari secret place, atau unique phenomeno di suatu tempat.

Berikut ciri-ciri backpaker

  • Biasanya menggunakan Tas Ransel yang terkadang dua kali ukuran tubuh mereka
  • The lowest is prefered
  • Rela jalan kaki demi menghemat biaya, low cost carier adalah pilihan tunggal
  • Makanan yang disantap selama trip sesuai isi dompet, beberapa dari mereka juga ada yang jarang makan. Tidak sedikit juga yang numpang makan dengan orang lain
  • Tapak kaki adalah media perjalanan dalam kota yang utama
  • Backpaker biasanya memiliki stamina yang luar biasa
  • Logistik yang disiapkan ala kadarnya. Pakaian akan dicuci sendiri jika perlu
  • Gratis…itulah yang mereka cari

3 tipe perjalanan berdasarkan cost and budget yang ada. Kamu pilih yang mana?

Ibnu Hisham

Backpaker hampir tersesat

About ibnuhisham94 25 Articles
Traveller Muda dengan pengalaman sedikit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*